Antisipasi Berita Hoaks di Tahun Politik, SMSI Provinsi Jambi Gelar FGD

 


Antisipasi Berita Hoaks di Tahun Politik, SMSI Provinsi Jambi Gelar FGD



Gemabangsa.id, Jambi - Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di Provinsi Jambi, khususnya pada tahun politik, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Ditintelkam Polda Jambi menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD).

FGD yang akan digelar selama dua hari, mulai tanggal 19-20 Mei 2023 di salah satu hotel di Kota Jambi ini mengambil tema ‘Peran Media Siber Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik’.

‘’Peran media siber sangatlah penting untuk menangkal berita hoaks yang biasanya akan meningkat di tahun politik ini,’’ ujar Ketua Panitia Pelaksana FGD, Irwansyah.

Menurutnya, media online haruslah mengedukasi masyarakat dengan pemberitaan yang berimbang dan tidak menggiring opini yang berujung pada perpecahan antar kelompok selama tahapan dan pelaksanaan Pemilu.

‘’Inilah yang akan kita bicarakan di FGD itu. Bagaimana peran media siber yang tergabung dalam SMSI Provinsi Jambi untuk menciptakan suasana Pemilu yang kondusif, aman dan damai,’’ pungkasnya.

Terpisah, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa menyebutkan, kegiatan FGD ini mengangkat tema Peran Media Siber Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik yang mana diikuti sebanyak 25 peserta dari wartawan masing-masing media online anggota SMSI yang ada di Kota Jambi. 

"Dalam FGD ini pula kita turut menggandeng Dit Intelkam Polda Jambi khususnya bidang Politik sehingga sinergitas antara media dan Polri bisa berjalan dengan baik," ungkapnya, Kamis malam (18/5/23).

Selain itu, dijelaskan Mukhtadi, dalam FGD ini, empat orang nara sumber akan menampilkan makalah mereka. Nara sumber itu antara lain, dirnya selaku Ketua SMSI Provinsi Jambi, kemudian Pimred Jambi Ekspres Pirma Satria, Ketua Formum Pimred SMSI Jambi Risza S Bassar dan Pengurus SMSI Pusat Hery Farmansyah.

‘’Kita berharap para peserta, khususnya wartawan yang meliput di desk politik bisa membuat berita sesuai hasil wawancara dan tidak membuat berita hoaks apalagi menggiring opini yang membuat situasi politik tidak kondusif," lanjutnya. 

Dia menambahkan, SMSI juga mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Intelkam Polda Jambi yang telah memfasilitasi kegiatan FGD ini sehingga kedepannya pers khususnya Media Siber yang tergabung dalam SMSI bisa membantu mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. 

‘’Intinya, SMSI siap membantu mensukseskan seluruh tahapan Pemilu yang saat ini sudah mulai berjalan,’’  pungkasnya. (Nova)