Turnamen Esports Kapolres Cup HUT Lantas ke 68 Berlangsung Meriah dan Sukses

 


Turnamen Esports Kapolres Cup HUT Lantas ke 68 Berlangsung Meriah dan Sukses



Gemabangsa.id, Bungo – Meriah dan Sukses!!! Gelaran turnamen Esports Mobile Lagend Kapolres Cup dalam rangka HUT Lantas ke-68 resmi berakhir. Pelaksaan turnamen yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 19-21 September 2023, dengan arena yang megah dan spektakuler berlokasi di Ballroon Semagi Hotel Muara Bungo.

Kemegahan dan kemeriahan Turnamen Esports Mobile Lagend Kapolres Cup ini, merupakan inisiatif dari seorang perwira yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Bungo Iptu Steffan Thomas Lumowa  yang juga merupakan pembina Cabang Olahraga (Cabor) Esports Seluruh Indonesia (ESI) Kabupaten Bungo. 

Dengan mengkolaborasikan jajaran Satlantas Polres Bungo dan Pengurus ESI Kabupaten Bungo didalam struktur kepanitiaan, suguan pembukaa hingga penutupan pergelaran Kapolres Cup disambut antusias para pecinta olahraga Esports di Kabupaten Bungo. Keseruan dan kemeriahan ini terlihat dari ratusan penonton dan suporter yang hadir dalam acara penutupan Turnamen Esports Kapolres Cup HUT lantas ke 68, Kamis malam (21/09/2023).

Turut hadir dalam acara penutupan Kapolres Cup, Yakni Kapolres Bungo yang diwakili oleh Kabag SDM Polres Bungo Kompol Cahyo Putro Lelono, Ketua harian ESI Provinsi Jambi Rocky Candra, Ketua Koni Khaidri Saleh beserta jajaran, Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Kabupaten Bungo Rahmat Hidayat, Para Kasat Lingkup Polres Bungo, Ketum ESI Kabupaten Bungo H, Rendhi Zilfiando beserta seluruh Pengurus, dan seluruh jajaran Satlantas Polres Bungo, serta tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya, Kasat Lantas Polres Bungo Iptu Steffan Thomas Lumowa yang juga merupakan Ketua Pelaksana Turnamen mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam pergelaran Turnamen Esports Mobile Lagend Kapolres Cup ini. Terlaksananya kagiatan ini memiliki tujuan utama untuk mencari bakat-bakat terpendam anak-anak muda di Kabupaten Bungo, di bidang Esports devisi Mobile Lagend.

“Harapan kami juga, event ini dapat menjadi event tahunan yang mudah-mudahan mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bungo. Karena apa, karena ini dapat menjadi wadah bagi atlet-atlet Esports berprestasi yang ada di Kabupaten Bungo, untuk dapat membawa harum nama Kabupaten Bungo di kanca Nasional hingga Internasional,” harap Ipru Steffan, dalam sambutannya pada acara penutupan Turnamen Esports Kapolres Cup Lantas  ke 68, Kamis (21/09/2023).

Lebih lanjut Iptu Steffan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah menyumbangkan tenaga, waktu dan fikirannya demi suksesnya acara. “Ini diluar ekspektasi saya, terimakasih kepada seluruh rekan-rekan panitia yang sudah bekerja keras demi suksesnya pergelaran event yang sangat  luar biasa ini. Saya juga berharap kedepan Cabor ESI Kabupaten Bungo bisa terus berkembang dan tentunta menjadi wadah bagi para Atlet Esports di Kabupaten Bungo,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua harian ESI Provinsi Jambi Rocky Candara mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Polres Bungo dalam hal ini Satlantas Polres Bungo yang di Komadoi oleh Iptu Steffan Thomas Lumowa, yang telah mengambil momen peringatan HUT Lantas ke 68 dengan menggelar Turnamen Esports Mobile Lagen Kapolres Cup. Sangatlah tepat Polres Bungo, berinisiatif mengalihkan kegiatan negatif anak muda menjadi positif.

“Salam hormat dan terimakasih kami sampaikan kepada Polres Bungo yang telah memfasilitasi anak-anak muda khususnya Kabupaten Bungo yang cinta dan gemar dengan olahraga Esports, untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki,” ungkap Ketua Harian ESI Provinsi jambi Rocky Candra.

Dikatakan Rocky, bagi orang awam E-sport hanyalah sebuah permainan untuk bersenang-senang. Adanya pemikiran tersebut memunculkan berbagai pandangan negatif dari lingkungan masyarakat bahwa bermain E-sport hanya membuang-buang waktu dan tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Padahal, E-sport merupakan kegiatan olahraga yang memiliki beragam manfaat, diantaranya melatih pemikiran strategis, memperluas lingkungan pertemanan, membantu meredakan setres, dan menumbuhkan kemampuan multitasking.

“Melatih refleks motoric juga merupakan salah satu manfaat positis dari olahraga esports, khususnya mobile lagend. Permainan mobile legends ini bisa melatih refleks motorik juga karena pada saat kita bermain jari kita akan refleks cepat untuk menyerang musuh supaya tim memenangkan kompetisi,” ungkap Rocky.

Ketua Koni Khaidir Saleh yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua KONI Kabupaten Bungo Agustian dalam sambutannya mengunkapkan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya turnamen esports yang sangat luar bisa megah dan meriah. 

“Kalau dilihat dari sajian even turnamen esports Kapolres Cup ini, sudah bukan lagi even kelas Kabupaten, ini sudah kelasnya Provinsi bahkan Nasional. Terimakasih kami sampaikan kepada Polres Bungo telah memberi wadah bagi atlet esport di Kabupaten Bungo, dengan even turnamen yang sangat luar biasa,” ucap Agustian.

“Dari sekian banyak Cabor anggota KONI yang mengadakan even, baru even Esports inilah yang sangat luar biasa pergelarannya, bukan tingakat Kabupaten Lagi, mungkin sudah kelas Provinsi bahkan Nasional ini,” tambah Pria yang sering disapa Bujang ini.

Sementara itu, Kapolres Bungo melalui Kabag SDM Polres Bungo Kompol Kompol Cahyo Putro Lelono dalam sambutan dan arahannya mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia yang telah sukses melaksanakan kegiatan dari awal hingga akhir. Selanjutnya, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat merubah fokus anak-anak khususnya, agar lebih aktif dalam kegiatan positif dan tidak lagi melakukan kegiatan bersifat negatif.

“Kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bungo untuk dapat  mendukung kegiatan yang sudah jelas sangat memberikan dampat positif bagi perkembangan anak-anak muda di Kabupaten Bungo khususnya,” harap Kompol Cahyo.

“Selanjutnya saya juga berharap bagi para tim pemenang untuk tidak mudah puas akan hasil yang didapat saat ini. Ini merupakan awal dari pengembangan prestasi dibidang Esports. Terus berlating dan berusaha kejarnya prestasi kalian tidak hanya sampai disini, harus meningkat lagi ketingkat nasional bahkan internasional,” Pungkasnya.

Pertandingan ditutup dengan laga grand final antara dua tim terbaik Kabupaten Bungo, yakni tim 3 EZ vs tim IMM Bungo. Selanjutny untuk gelar juara Turnamen Esports Mobile Lagend Kapolres Cup HUT Lantas ke 68 didapatkan oleh tim 3 EZ. Tim yang dipenuhi Atlet Porprov 2023 ini sukses menumbangkan lawanya dengan skor 3-1 dengan sistem Best Of (BO) 5.

Selain gelar juara, 3 Z juga mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp. 10 Juta dan tim IMM Bungo sebagai peringkat kedua membawa pulang uanga tuna Rp. 7,5 Juta. Sementara itu diperingkat ketiga yakni tim Mighty Esport yang juga mendapatkan uang pembinaan sejumlah Rp. 5 Juta. (Red)