Pj Bupati Tanggamus Mengikuti Rakor pengendalian Inflasi 2023 Secara Daring

 


Pj Bupati Tanggamus Mengikuti Rakor pengendalian Inflasi 2023 Secara Daring



Gemabangsa.id, Tanggamus - Pj Bupati Tanggamus Mulyadi irsan mengikuti Rakor pengendalian Inflasi 2023 Secara Daring di ruang Rapat Bupati, Rabu (27/12/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Hamid Heriansyah lubis, Perwakilan Kapolres, Kasdim 0424, Para Asisten, Perwakilan Kajari, Inspekur, Kadis KPTPH, Kadis Koperindag, Ka. BPKD,Plt Kadis Sosial, Plt Kadis Perhubungan, Ka. BPKSDM, Ka. Baperida, dan Kadis PUPR.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi dibuka oleh Irjen Kemendagri Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si dengan narasumber dari Kemendagri, Bappanas, Bulog, BPS, Dirjen Perdagangan, Dirjen PPHTP TP, Satgas Pangan RI, TNI Polri, Jamdatun.

Irjen Kemendagri Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si menyatakan bahwa curah hujan yang mulai turun diharapkan dapat diantisipasi dengan baik agar tidak menimbulkan musibah dan dapat meningkatkan angka inflasi di daerah.


Harga beberapa komoditas import seperti gula pasir mengalami kenaikan harga sepanjang tahun 2022-2023. Untuk IPH pada mgg ke-4 2023 Kab/Kota mengalami kenaikan sebanyak 1%, sementara wilayah yang mengalami penurunan IPH Kab/Kota sebanyak 11%. Pada minggu ke-4 November 2023, beberapa.komoditas seperti Cabai Rawit, Cabai Merah, Bawang Merah dan Telur Ayam Ras terus mengalami kenaikan harga. 

Dan mendekati akhir tahun, disaat trend inflasi naik, diiharapkan pemerintah akan memberikan atensi khusus kepada Kab/Kota yang mengalami kenaikan harga dan selalu melakukan pemantauan terhadap harga pangan strategis, khususnya harga beras yang sudah mulai mengalami penurunan kecuali di beberapa Provinsi.

Selain itu, Untuk status perkembangan harga nasional berikut adalah beberapa komoditas yang harus diperhatikan:

1.Minyak goreng curah, daging sapi, beras dan gula pasir berada pada kategori aman.

2.Untuk minyak goreng kemasan sederhana, telur ayam dan bawang putih berada pada kategori waspada.

3.Sementara untuk komoditas daging ayam, bawang merah dan cabai rawit berada pada kategori tidak aman.

Selanjutnya dari Bulog diketahui bahwa untuk total realisasi beras impor perum Bulog per tanggal 26 Nov 2023 sebanyak 3.311.600 ton (87,15%) dari total persetujuan impor 3,8 juta ton. Sementara realisasi SPHP sampai tanggal 26 Nov 2023 sejumlah 976.185 ton ato 89,97%.


Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi irsan , MT Langsung memimpin Rapat pengendalian Inflasi 2023 di Kabupaten Tanggamus bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus siap melaksanakan arahan dan instruksi dari paparan yang disampaikan oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri, dan kami juga akan turun langsung mengecek ketersediaan pangan dan jalur distribusi.

Stok Ketersediaan 10 Bahan pokok dari Nataru hingga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 di pastikan Aman, Stok beras 41,176 ton tersedia, sementara kebutuhan Tanggamus hanya 5.060 ton, begitu juga Cabe ketersediaan 428 ton kebutuhan hanya 189 ton dan begitu juga yang lain-lainnya.

Terakhir, Pj Bupati juga meminta agar koordinasi tetap terus dilakukan, sehingga upaya-upaya yang dilakukan bisa menahan laju inflasi atau menjaga ketersediaan pasokan Sehingga Masyarakat tidak perlu hawatir Ketersediaan Sembako di Kabupaten Tanggamus untuk sampai hari raya idul Fitri 2024, tutupnya. (Hasbuna)