Kapolres Tanggamus Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

 


Kapolres Tanggamus Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2024



Gemabangsa.id, Tanggamus - Guna kesiapan pengamanan Pemilu 2024, Polres Tanggamus Polda Lampung laksanakan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata 2024 di Lapangan Apel Mapolres setempat, Senin, 12 Februari 2024, sore.

Kapolres Tanggamus, AKBP Rinaldo Aser S.H., S.I.K, M.Si,  mengatakan, apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Brata 2024 dilakukan untuk sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus. 

Sembilan kecamatan itu antara lain, Kecamatan Kota Agung, Kota Agung Timur, Kota Agung Barat, dan Gisting Tanggamus. 

Kemudian, Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Gunung Alip, Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Pugung dan Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus. 

"Kenapa sembilan kecamatan ini baru kita laksanakan hari ini karena menyesuaikan dengan pendistribusian logistik dari KPU," kata AKBP Rinaldo Aser. 

Ia menjelaskan, untuk 11 kecamatan lainnya telah dilakukan terlebih dahulu pada hari Sabtu dan Minggu. 

Dirinya menjelaskan, terdapat 277 personil yang dipersiapkan oleh Polres Tanggamus untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024.

Selain itu, Polres Tanggamus juga menerima bantuan dari petugas BKO Polda Lampung untuk pengamanan Pemilu 2024.

"Polres Tanggamus mendapatkan BKO personil dari Polda Lampung sebanyak 128 orang personil," ujarnya.

Selain itu, Polres Tanggamus juga mendapatkan bantuan personil dari Brimob Polda Lampung dan Ditsamapta Polda Lampung. 

"Untuk dari Brimob Polda Lampung ada 31 orang dan Ditsamapta Polda Lampung ada 31 orang," jelasnya. 

AKBP Rinaldo Aser menambahkan, Brimob dan Ditsamapta Polda Lampung hanya melakukan patroli di wilayah Kabupaten Tanggamus. 

"Namun mereka tidak melakukan pengamanan di TPS melainkan hanya melakukan patroli di TPS yang ada di Kabupaten Tanggamus," ujarnya. 

Kapolres mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mengenai tempat tinggal dari personil Polda Lampung. 

Dimana untuk personil Brimob Polda Lampung mereka akan menempati mess Pemkab Tanggamus yang berada di Kecamatan Gisting. 

Sedangkan untuk personil Ditsamapta Polda Lampung akan menempati gedung Islamic Center yang berada di Kecamatan Kota Agung. 

Sementara itu, personil Kepolisian Polres Tanggamus akan melakukan pengawalan, Pengamanan hingga masa penghitungan suara di TPS selasai. 

Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser menyebutkan, untuk saat ini situasi dan kondisi Kabupaten Tanggamus masih terbilang aman. 

"Sejauh ini belum ada hal-hal yang menonjol sampai mendapatkan perhatian khusus," kata dia. 

Kesempatan itu, Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024.

Kendati demikian dirinya meminta agar masyarakat selalu menjaga keamanan dan situasi yang kondusif di Kabupaten Tanggamus. 

"Sehingga perhelatan Pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar," tandasnya. (Hasbuna)