Stokfile Batu Bara Senamat Dikeluhkan, Warga Minta Stokfile Segera Ditutup

 


Stokfile Batu Bara Senamat Dikeluhkan, Warga Minta Stokfile Segera Ditutup



Gemabangsa.id, Bungo - Warga Kecamatan Pelepat mengeluhkan keberadaan stockpile batu bara yang berada Kampung Sungai Jao, Dusun Senamat, Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. 

Dari aksi penolakan yang dilakukan, warga menggelar aksi beramai-ramai melakukan aksi protes tersebut, Jumat (9/2/2024).

Dari keberadaan stok file batu bara tersebut, Ayu yang merupakan salah satu warga menyebutkan bahwa stockpile batu bara yang baru beberapa hari ini sangat menganggu masyarakat. Selain menyebapkan debu, kebisingan aktifitas siang malam stockpile tersebut juga menggagu masyrakat.

"Kami sebagai masyarakat sangat mengeluhkan bising, debu, dan juga menyebapkan kemacetan karena jaraknya hanya 10 meter dari jalan dan tepatnya dibelakang pemukiman masyarakat ," ujar Ayu.

Dengan adanya dampak dari stockpile ini, Ayu bersama masyarakat lainnya meminta Pemerintah Daerah bersama aparat kepolisian dapat segera melakukan penutupan. Jika tidak, kata Ayu, maka masyarakat setempatlah yang akan bertindak.

"Sebelumnya masyarakat sudah melakukan penolakan. Sudah kami sampaikan kepada Rio, BPD dan juga pihak terkait lainnya. Tapi sepertinya mereka lebih memihak kepada stockpile dengan alasan masih tahap uji coba ," kata Ayu.

Selain mengganggu masyarakat setempat, lanjut Ayu, aktifitas kendaraan angkutan batu bara ini juga mengganggu pengguna jalan lainnya. Pasalnya truk dengan jenis coeldisel ini keluar masik dan juga melakukan antrian panjang di jalan lintas.

"Jalan lintas sumatra ini jadi macet sekarang dengan aktifitas angkutan batu bara tersebut. Kalau tidak segera ditindak, mungkin saja akan menimbulkan dampak. Salah satunya bisa menyebapkan kecelakaan ," tutupnya.(Red)