Kunjungi NTB, BPD Asal Bungo Kembali Timba Ilmu Dari Desa Semparu

 


Kunjungi NTB, BPD Asal Bungo Kembali Timba Ilmu Dari Desa Semparu

Gemabangsa.id, Mataram - Usai melakukan bimbingan tekhnis (Bimtek) di hari pertama, hari ini Senin 24 Juni 2024. Rombongan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kembali melanjutkan jawatannya ke salah satu desa terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Para BPD ini mengunjungi dan di sambut hangat Lalu Ratmaji Hijrat, Kepala Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam giat kedua ini, para anggota BPD ini belajar langsung pengelolaan dan pengolahan barang bekas menjadi barang yang bisa bermanfaat kembali dan berharga.

Desa Semparu bahkan mendapatkan hasil yang menjadi pendapatan desa hingga 80 juta pertahun dari pengolahan barang bekas dan terus meningkat setiap tahunnya. Menurut salah satu BPD, hal ini bisa menjadi acuan dan pengembangan bagi desa-desa di Bungo.


Kepala Desa Semparu, Lalu Ratmaji Hijrat mengungkapkan rasa bangganya atas kunjungan BPD Kabupaten Bungo. Desa Semparu merupakan juara 1 desa terbaik di NTB dan menjadi utusan di tingkat masional.

Ketua panitia Dr. Hendriyadi menyampaikan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kemampuan BPD dalam mendorong kemajuan di desa. Dirinya juga menepis anggapan bahwa kegiatan ini hanya bersifat plesiran.

“Kita perlu belajar dari desa-desa yang berprestasi, desa maju yang telah menembus prestasi nasional. Banyak hal yang tentunya dapat meningkatkan kasitas serta hal positif yang bisa jadi contoh bagi kita untuk di terapkan di Bungo. Setelah Desa Semparu selanjutnya kita akan kembali mengunjungi kampung Sade.