Joe Biden Presiden Terpilih Amerika Serikat
kunVH1wCNcBGAsYHQ/s0/jmsi.jpg"/>

Joe Biden Presiden Terpilih Amerika Serikat

 

Gemabangsa.id- Dengan 290 suara elektoral sementara yang diraih di pilpres AS, Joe Biden berhak melenggang ke Gedung Putih untuk menduduki kursi nomor satu "Negeri Paman Sam". Setelah menang di Pennsylvania.

Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat ini akan menjadi presiden AS ke-46. Sejumlah media AS seperti CNN, NBC, dan Time telah mendeklarasikan kemenangan Joe Biden.

Dilansir Associated Press, Minggu (8/11), Joe Biden meraih 290 suara. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara. Joe Biden berhasil merebut Pennsylvania yang awalnya diungguli oleh Donald Trump. Suara elektoral Joe Biden diprediksi bertambah jika dia memenangkan Nevada, Georgia, dan Arizona.

Kubu Donald Trump telah mengambil langkah hukum untuk meminta hitung ulang. Mereka juga masih belum mengaku kalah.

Joe Biden bakal menjadi salah satu presiden tertua di AS sepanjang sejarah. Sementara Kamala Harris juga mengukir sejarah sebagai wanita kulit berwarna pertama yang menjadi wakil presiden.

Senator California itu juga orang pertama keturunan Asia Selatan yang terpilih menjadi wakil presiden AS. Dia menjadi wanita yang menduduki posisi tertinggi di pemerintahan setelah empat tahun Trump mengalahkan Hillary Clinton.

Trump adalah presiden petahana pertama yang kalah dalam pemilihan kembali sejak Partai Republik George HW Bush pada tahun 1992.(bos)