Dua TNI Gugur Saat Kontak Tembak di Intan Jaya

 


Dua TNI Gugur Saat Kontak Tembak di Intan Jaya


 Gemabangsa.id, Jakarta- Kembali dua anggota TNI gugur di Intan Jaya, Papua. Keduanya gugur ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Peristiwa kontak tembak ini terjadi Jumat (22/1/2021) pagi, sekitar pukul 06.30 WIB. Kedua korban itu adalah Pratu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani. 

Pratu Roy yang pertama ditembak. Saat itu Pratu Roy usai melaksanakan salat Subuh di Pos Titigi Yonif Raider 400/Banteng Raiders di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dia ditembak dari jarak 200 meter. Pratu Roy mengalami luka tembak di dada sebelah kanan. Kontak tembak pun berlangsung hingga siang hari.

"Menurut informasi yang didapat, Pratu Roy ditembak dari jarak 200 meter pada saat melaksanakan pembersihan usai melaksanakan ibadah salat Subuh," kata Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Personel Yonif Raider 400/BR lalu melakukan pengejaran terhadap KKB. Dalam situasi tersebut, satu prajurit TNI kembali terkena tembakan KKB, yakni Pratu Dedi Hamdani.

"Sedangkan korban yang lain atas nama Pratu Dedi Hamdani dari Pos Hitadipa, saat melakukan pengejaran kepada KKB yang melakukan penembakan terhadap Pos Titigi. Korban juga ditembaki secara membabi buta dari arah ketinggian di hutan yang terletak antara Kampung Sugapa Lama dan Kampung Hitadipa," ujar Kolonel Suriastawa.

Keduanya lalu dievakuasi menggunakan heli Caracak ke Mimika untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Namun, naasnya nyawa mereka tidak tertolong.(bos)