Bupati Masnah Hadiri Deklarasi ODF di Sungai Bahar

 


Bupati Masnah Hadiri Deklarasi ODF di Sungai Bahar

Gemabangsa.id- Muarojambi – Pemkab Muarojambi melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di Kecamatan Sungai Bahar, Rabu (10/03/2021). Deklarasi ODF ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan masyarakat Muarojambi yang bersih dan sehat.

Deklarasi ODF ini dihadiri langsung oleh Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro. Kedatangannya disambut dengan persembahan Tari Tabur Beras Kunyit dari warga setempat.

Acara ini juga dihadiri oleh para Forkopimda Lingkup Muaro Jambi, Kepala Dinas (Kadis) Provinsi Jambi, seluruh Kapolsek dan camat dari Bahar Grup. Kemudian seluruh Kepala Puskesmas dan Kepala Desa (Kades) di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam sambutan Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Afif Udin SKM MKM, bahwa terkait dengan di gelarnya acara tersebut, merupakan latar belakang dari Peraturan Menteri Kesehatan.

“Untuk saat ini di Provinsi Jambi, yang mampu mendeklarasikan hanya di Kabupaten Muaro Jambi. ini sekaligus di 3 Kecamatan Bahar,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa predikat tersebut merupakan sarana terkait jaman sehat, di rumah tangga di Bahar grup yang tersedia. “Ucapan dan penghargaan setinggi-tingginya, buat ibu Bupati. Sampai hari ini apresiasinya cukup besar. Semoga ibu tetap sehat, umur panjang hingga kita bisa mensukseskan lagi Muaro Jambi,” kata Afif.

Bupati Masnah dalam sambutannya menyatakan sangat bersyukur atas predikat yang di peroleh di Kabupaten Muaro Jambi itu. “Alhamdulillah dalam acara ini, sudah hampir 57 desa sudah berkomitmen. Makanya acara ini di letakkan, di Sungai Bahar,” kata Bupati.

Diketahui bahwa, wacana ODF ini tahun 2017 dan telah terlaksana tak lepas dukungan dari masyarakat serta para Forum Kabupaten Kota Sehat yang terus melakukan sosialisasi di Muaro Jambi. “ Kita dukung terus, ada beberapa kendala memang di desa-desa. Karena tidak smua masyarakat di daerah masih ada jamban, belum adanya kemampuan membuat WC,” ujar Bupati.

Untuk menyelesaikan hal tersebut, diprogramkan bantu WC yang dibuat Kades dari dana desa, bagi masyarakat yang tidak mampu. Selanjutnya dalam acara pendeklarasian tersebut, bupati juga menjelaskan arti pentingnya kesehatan dalam kehidupan.

“Perlu kita bersama-sama menjaga kesehatan. Supaya ini bisa terwujud tahun-tahun kedepan, dan buang air besar sembarangan sudah tak ada lagi. Insyaallah saya yakin, target kita ini untuk Kabupaten Kota sehat Muaro Jambi terwujud,” katanya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Masnah merasa puas melihat kondisi jalan Sungai Bahar yang tak seperti dahulu. “Alhamdulillah Sungai Bahar ini jalannya sudah luar biasa. Target kita 2022, akan di tuntaskan di poros-poros jalan. Dulu saya kebahar 4 jam, sekarang sudah bisa di tempuh 1,5 jam,” ujar Bupati Masnah.

Dalam acara tersebut turut hadir secara Daring dari Direktorat Kesling Kemenkes RI yang diwakili oleh Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Elly Setyawati SKM Mkes. Beliau dalam kesempatan itu memberikan sanjungan kepada pada Bupati Masnah.(bos)