DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPj Bupati Muarojambi Akhir Tahun Anggaran 2020


DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPj Bupati Muarojambi Akhir Tahun Anggaran 2020

Gemabangsa.id, Muarojambi- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Muarojambi akhir tahun anggaran 2020.

LKPj disampaikan langsung oleh Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Muarojambi, Selasa (30/3/2021) siang.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bhakti. "Berdasarkan jadwal yang ditetapkan badan musyawarah, hari ini DPRD Kabupaten Muarojambi menyelenggarakan rapat paripurna LKPJ Bupati Muarojambi,” ujar Yuli Setya Bhakti saat pimpin paripurna.

"Rapat dihadiri setengah anggota DPRD, sehingga sesuai kourum," tambahnya.

Sementara Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro mengatakan, LKPj ini adalah penyampaian progres tugas dan tanggungjawab sebagai kepala daerah. Hal ini untuk mewujudkan transparansi dari penggunaan Anggaran Belanja Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muarojambi Tahun 2020. Dari yang ditargetkan sebesar Rp 1,37 Triliun sampai pada  31 Desember 2020, anggaran terealisasi sebesar Rp 1,14 triliun atau 83,13 persen.

"Meskipun mengalami pemangkasan anggaran atau pengalihan alokasi anggaran akibat pandemi covid 19, namun tetap berjalan. Buktinya terealisasi Rp 1,14 triliun," jelasnya.

Bahkan  anggaran tahun 2020 yang sudah digunakan  tidak ada permasalahan lagi alias klear. Karena sudah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dari perwakilan BPK RI Provinsi Jambi.

"Terhadap pengelolaan APBD Muarojambi Tahun 2020 ini, Alhamdulillah kita mendapat perdikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari perwakilan BPK RI Provinsi Jambi. Kita masih bisa mepertahankan WTP sebanyak 4 kali dari BPK-RI,” pungkasnya.

Usai penyampaian laporan LKPj, Bupati Masnah kemudian menyerahkan laporan LKPj Bupati Muarojambi akhir tahun anggaran 2020 tersebut kepada Ketua DPRD Muarojambi Yuli Setia Bhakti.(bos)