Lapas Kotaagung Dan SUPM Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, Terhadap Warga Binaan


Lapas Kotaagung Dan SUPM Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, Terhadap Warga Binaan


Gemabangsa.id, Tanggamus - Lapas Kelas IIB Kotaagung berkerjasama Dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM) Kotaagung melakukan kegiatan pembukaan pelatihan budidaya ikan air tawar bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Kotaagung.

Kegiatan yang diadakan, untuk melatih kemandirian warga binaan ditengah Pandemi, yang bekerjasama dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM) Kotaagung.


"Pentingnya Fungsi Kegiatan Kerja Produksi, maka Lembaga Pemasyarakatan diharuskan memiliki pelatihan kegiatan kerja dan produksi yang tidak hanya berfungsi sebagai pengisi waktu luang selama menjalani masa pidana saja. Namun, juga harus berorientasi pada pembangunan SDM dan hasil produk yang berkualitas, berdaya saing serta berkesinambungan," ujar Aryo Pratama, Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kota Agung, Senin (09/08/21).

Dikatakan Aryo, kegitan yang dilaksanakan tersebut, bertujuan untuk membantu Warga Binaan Pemasyarakatan, dalam mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat. 

"Yang mana, secara letak geografis, Kabupaten Tanggamus sangat mendukung untuk  melakukan pembudidayaan ikan air tawar sebagai bentuk, bekal Warga Binaan kelak setelah bebas," katanya.

Acara yang tetap mengedepankan Protokol kesehatan tersebut, dibuka oleh Kasi Binadik dan Giatja, yang mewakili Kalapas Kotaagung, yang dihadiri beberapa pejabat struktural, dan diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah SUPM Kurman,S.Ag,MSi dan Tim Penyuluh pelatihan budaya ikan air tawar sebanyak 7 orang. 


Sementara, Wakil Kepala SUPM Negeri kotaagung Kurman mengatakan, tujuan mengikuti pelatihan Budidaya Ikan air Tawar ini, dapat memberikan pengajaran kepada WBP yang belum memiliki pengalaman. 

"Dalam pelatihan budidaya ikan air tawar kali ini, lebih mengedepankan ikan nila sebagai prioritas dalam pembudidyaan," tutup Kurman. (Hasbuna)