Latih Kesigapan Personil, Polres Bungo Gelar Simulasi Pengamanan Mako

 


Latih Kesigapan Personil, Polres Bungo Gelar Simulasi Pengamanan Mako



Gemabangsa.id, Bungo - Polres Bungo menggelar Alarm Selling Cek kesiap siagaan personil sarana dan prasarana dalam pengendalian massa, serta latihan simulasi sistem pengamanan markas komando (sispam mako).

Simulasi yang digelar, untuk meningkatkan keamanan mako, yang  bertujuan sebagai pembekalan personil Polres Bungo, agar memiliki kemampuan taktik dan teknik dalam operasi pengamanan. Dalam Simulasi yang digelar, turut melibatkan para pju dan seluruh anggota Polres Bungo dari semua satuan fungsi dan staff.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh kapolres bungo AKBP. Guntur Saputro,S.I.K.,MH dan didampingi Waka Polres Bungo KOMPOL.Ridwan Jason Maruli hutagaol,S.I.K. SH, serta juga dihadiri Kabag Ops Polres Bungo AKP. Sandy Mutaqqin Pranayudha, S.I.K.,MH, yang dipusatkan di seputaran Mapolres Bungo, kamis pagi (21 oktober 2021).

Adapun pelaksanaan simulasi sispam mako ini diwali mendengar tanda berupa alarm menandakan situasi, yang menandakan situasi berbahaya. Selanjutnya, seluruh Personil Polres Bungo segera ambil sikap dan berlarian mengambil posisi masing-masing yang telah ditentukan, guna bersiaga dalam menghadapi segala kemungkinan situasi yang akan terjadi.

Kapolres Bungo AKBP. Guntur Saputro,S.I.K.,MH melalui Kabag Ops Polres Bungo AKP. Sandy Mutaqqin Pranayudha, S.I.K.,MH mengatakan, dengan adanya latihan simulasi sispam mako ini, untuk melatih seluruh Personil Polres Bungo agar lebih sigap dan cekatan dalam melaksanakan pengamanan mako polres bungo.

“Pelatihan Sispam Mako atau sistem pengamanan mako ini sangat perlu dilakukan guna memberikan gambaran kepada seluruh anggota polres bungo bilamana terjadi hal-hal yang berhubungan dengan keamanan mako, serta mengantisipasi dan mencegah upaya pengrusakan maupun serangan fisik terhadap mapolres bungo yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ucap Kabag Ops.

Dijelaskan Sandi, adapun tujuan alarm stelling dan cek kesiapsiagaan, untuk melatih responsifitas serta kesiapsiagaan baik personil maupun sarana prasarana guna kesiagaan Polres Bungo dalam menghadapi situasi kamtibmas serta kondisi kontijensi yang sewaktu2 memerlukan kehadiran Polri.

"Alarm stelling dan cek kesiapsiagaan, untuk melatih kesigapan personil, responsivitas dalam menghadapi situasi Kamtibmas," pungkasnya. (ST)