Polres Tangggamus Siap Melaksanakan Operasi Lilin Krakatau 2021

 


Polres Tangggamus Siap Melaksanakan Operasi Lilin Krakatau 2021



Gemabangsa.id, Tanggamus - Polres Tanggamus bersama melaksanakan gelar pasukan Operasi Lilin Krakatau 2021 di halaman Masjid Islamic Center Kota Agung, Kamis (23/12/21). Gelar pasukan dilaksanakan guna mengetahui kesiapan seluruh personel yang terlibat operasi kemanusiaan tersebut. 

Gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Tanggamus dihadiri perwakilan Pemkab Tanggamus, kepala OPD dan stakeholder tetkait dengan personel terlibat baik TNI Kodim 0424 Tanggamus, Dishub, Pol PP,  Basarnas, BPBP, Damkar, Senkom, RAPI dan Pramuka. 

Dalam gelar pasukan tersebut, seluruh kendaraan yang digunakan dalam mendukung operasi juga dihadirkan baik kendaraan patroli sepeda motor, mobil patroli, kendaraan evakuasi, Damkar maupun operasional kesehatan. 

Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi dalam amanatnya mengatakan Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. 

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. 


"Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," kata AKBP Satya Widhy Widharyadi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 

Sambungnya, "Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,". 

Kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut: 

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME;

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat; 

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022; 

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system;

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan

kamtibmas; 

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi; 


Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih. 

Menurut AKBP Satya Widhy Widharyadi menambahkan bahwa dalam pengamanan Nataru, Polres Tanggamus telah membuat 2 posko pengamanan yakni di Pekon Terbaya Kecamatan Kota Agung dan Rest Area Gisting. 

"Pengamanan dilaksanakan kepada masyarakat yang melaksanakan kegiatan di beberapa gereja, tempat hiburan baik di darat maupun pantai, daerah rawan kriminalitas dan rawan macet," ucapnya. 

Kapolres menambahkan, dalam pengamanan Nataru, Polres Tanggamus menerjunkan 80 personel. "Personel Polres Tanggamus yang diterjunkan sebanyak 80 personel ditambah TNI, Pol PP, Dishub, Pol PP, Kesehatan, relawan," tandasnya. (Hasbuna)