Bupati Tanggamus Cek Lokasi Program I-Care Di Tiga Kecamatan

 


Bupati Tanggamus Cek Lokasi Program I-Care Di Tiga Kecamatan



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengunjungi 5 calon lokasi Program I-CARE (Introduction - Connection, Application, Reflection, dan Extension) di Pekon Airkubang dan Pekon Sidomulyo, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus, Rabu (18/1/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Kabupaten Tanggamus Ernalia, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Catur Agus Dewanto, Kadis Perternakan dan Perkebunan Dhani Riza Efriansyah, Camat Airnaningan Royensyah, Uspika Kecamatan Airnaningan, Kepala Pekon, serta perwakilan Kelompok Tani Makmur, Kelompok Tani Karya Makmur, Kelompok Tani Asih Makmur, Kelompok Tani Maju Lancar, Kelompok Tani Maju.

Bupati Dewi Handajani dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Program I-CARE merupakan program Kementerian Pertanian RI melalui kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) di Kecamatan Airnaningan.

“Pemerintah Kabupaten Tanggamus sangat mendukung penuh pelaksanaan I-CARE di Kabupaten Tanggamus, yang disusun sejak tahun 2021 sampai dengan tahun 2027,” kata Bupati. 

Bupati menerangkan, Kabupaten Tanggamus memiliki luas lahan pertanian mencapai 217.000 ha, dengan lahan pertanian bukan sawah seluas 200.505 ha, dan lahan perkebunan seluas 82.486 ha. Untuk perkebunan didominasi oleh perkebunan kopi robusta, dimana 57,2% produksi kopi di Kabupaten Tanggamus dihasilkan dari tiga Kecamatan. Sedangkan untuk komoditas lada memiliki potensi ekspor mencapai 1.663 ton atau setara dengan 47,7% produksi lada di Kabupaten Tanggamus. Lalu untuk peternakan kambing menghasilkan 34.957 ekor dan sebanyak 1.517 ekor domba. 

“Dengan melihat potensi yang ada, maka Program I-CARE akan difokuskan pada tiga kecamatan, yaitu Airnaningan; 25 kelompok, Ulubelu; 25 kelompok, dan Pulaupanggung 10 kelompok. Pada Kecamatan Airnaningan, jumlah luas tanam kopi sebesar 10.712 ha, lada luas tanam 2.268,6 ha, dan populasi kambing 15.833 ekor. Di Kecamatan Ulubelu jumlah luas tanam kopi sebesar 10.843 ha, lada luas tanam 164 ha, dan populasi kambing 7.250 ekor. Kecamatan Pulaupanggung jumlah luas tanam kopi 1.387 ha, lada luas tanam 260 Ha, dan populasi kambing 11.874 ekor,” terang Bupati. 

“Harapannya dengan adanya Program I-CARE ini, dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani secara nasional, dan meningkatkan kontribusi sektor pertanian dalam devisa negara," harap Bupati.

Usai meninjau lokasi Program I-CARE, Bupati meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid 19 untuk anak usia 6-11 tahun, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sidomulyo, Kecamatan Airnaningan, yang dilakukan terhadap 141 sasaran vaksin. (Hasbuna)