Dikabarkan Kalah Investasi, Rio Tenam Diduga Gelapkan Dana Desa

 


Dikabarkan Kalah Investasi, Rio Tenam Diduga Gelapkan Dana Desa



Gemabangsa.id, Bungo - Datuk Rio (Kades) Dusun Tenam, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo diduga gelapkan Dana Desa (DD) tahun 2021 lalu.

Akibatnya, gaji perangkat Dusun termasuk BPD, Guru Ngaji, lembaga adat, pegawai sarak dan lain sebagainya terpaksa tidak dibayar.

Informasi yang dihimpun, Datuk Rio yang bernama Zam Sofwan ini telah melakukan penyimpangan sejak pertengahan tahun 2021 lalu. Dan sampai akhir tahun gaji perangkat yang disebutkan diatas tidak dibayarkan.

Tak hanya itu, banyak proyek-proyek dusun yang tidak terselesaikan. Seperti bangunan Puskesdes yang direncanakan dihuni tahun 2021, sampai sekarang belum selesai. Kemudian ada proyek heler padi (mesin penggiling padi), pagar pertanian, dan lain sebagainya tidak diselesaikan.

"Puskesmas dikerjakan, tapi belum selesai. Anggaran tahun 2020 dan 2021. Pagar pertanian, heler padi. Dananya sudah ditarik semua, tapi barangnya tidak ada," kata warga setempat yang enggan namanya ditulis.

Informasinya, dana tersebut digunakan oleh Zam Sofwan untuk investasi, namun Investasi tersebut ternyata merugi. Dia tidak mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkannya.

"Saya tidak tau juga investasi nya seperti apa. Kabarnya investasi main nanam saham," katanya.

Datuk Rio Tenam, ZAM Sofwan ketika dikonfirmasi awak media menepis kabar tersebut. Menurutnya itu hanya kabar burung saja.

"Alhamdulillah untuk gaji sudah diterimo bulan 12 (Desember, red) kemarin. Terkait dengan yang lain bukan tidak selesai, tetapi memang ado keterlambatan dalam menyelesaikannyo, karena sesuatu dan hal lain," kata Zam Sofwan melalui pesan WhatsApp.

Untuk bangunan, dirinya menjelaskan jika bangunannya sudah selesai. Tinggal nunggu yang masang pintu.

"Itu sudah di pesan semuanyo," imbuhnya.

Namun demikian, dirinya tidak menjawab pertanyaan terkait uang tersebut dikemanakan. (*)