Polres Tanggamus Gelar Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Krakatau 2022

 


Polres Tanggamus Gelar Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Krakatau 2022



Gemabangsa.id, Tanggamus - Polres Tanggamus bersama instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan operasi terpusat dengan Sandi Operasi Keselamatan Krakatau 2022 di Lapagan Apel Mapolres Tanggamus, Selasa (1/3/22). 

Apel dipimpin langsung Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K. dihadiri oleh Pejabat Utama, perwira dan para Kapolsek jajaran Polres Tanggamus. 

Adapun peserta upacara meliputi peleton TNI Kodim 0424 Tanggamus, gabungan bintara Polres, Dishub, Pol PP, Basarnas dan Tenaga Kesehatan (Nakes) Dinkes. 

Tampak juga dihadirkan di lapangan upacara seluruh kendaraan operasional Sat Lantas Polres Tanggamus dan ambulance milik Dinas Kesehatan Pemkab Tanggamus. 

Kapolres AKBP Satya Widhy Widharyadi mengatakan bahwa operasi ini dalam rangka pencegahan penyebaran penularan virus Covid-19 dan kesiapan antisipasi pengamanan pelaksanaan puasa serta mudik Idul Fitri Tahun 2022. 

Selain itu juga dalam penanganan permasalahan lalu lintas sebagai mana amanat UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. 

Pasalnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas pada umunya sangat rendah, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kepatuhan tersebut. 

"Operasi Keselamatan Krakatau 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 01 - 14 Marer 2022 secara serentak di seluruh indonesia," kata AKBP Satya Widhy Widharyadi membacakan amanat Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno, M.M. 

Kapolres juga menjelaskan, tujuan Operasi Keselamatan Krakatau 2022 adalah untuk memutus mata rantai Covid-19, berkurangnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman menjelang hari raya Idul Fitri 2022. 

"Adapun sasaran pelanggaran pada Operasi Keselamatan Krakatau 2022 dengan menyesuaikan trend dan karateristik di kewilayahan," jelasnya. 

Kesempatan itu, Kapolres juga berpesan sebelum melaksanakan tugas, agar selalu berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa semoga selalu dalam lindungannya. 

Kemudian, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri. 

"Lakukan tugas Operasi ini dengan baik, pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas," tutupnya. 

Sementara itu, menurut Kasat Lantas Polres Tanggamus Iptu Amsar, S.H. mengatakan bahwa pelaksanaan tugas Operasi Keselamatan Krakatau 2022 akan mengedepankan informasi kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tanggamus agar tetap mengedepankan tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. 

"Tetap kedepankan tertib beralu lintas dan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19," kata AKP Amsar. 

AKP Amsar mengaku, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan tidak ada penindakan, kecuali terhadap pelanggaran yang bersifat membahayakan dan fatalitas yang mengarah kepada kecelakaan. 

"Tidak ada penindakan, kecuali bonceng tiga, tidak memakai helm dan kendaraan overload," ujarnya. 

Kesempatan itu, Kasat juga mengimbau kepada masyarakat terus mengedepankan tertib berlalu lintas, memperhatikan kendaraanya, tetap memperhatikan kelengkapan dan perlengkapan kendaraanya, gunakan helm, mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

"Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku serta patuhi protokol kesehatan," imbaunya. (Hasbuna)