H-8 Lebaran 2022, Petugas Dishub Periksa Kelayak Bus Penumpang AKAP Di Terminal Muara Bungo

 


H-8 Lebaran 2022, Petugas Dishub Periksa Kelayak Bus Penumpang AKAP Di Terminal Muara Bungo

 



Gemabangsa.id, Bungo - Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo melakukan pemeriksaan terhadap bus penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke Terminal Tipe A Muara Bungo, yang digelar pada H-7 lebaran hingga arus balik mudik nanti, Senin (25/4).

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kelayakan armada bus yang melakukan perjalan selama arus mudik lebaran.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Muara Bungo, Julianto mengatakan pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelayakan rem, lampu, pemecah kaca, racun api dan pemeriksaan kelayakan jalan lainnya.

"Hingga saat ini bus yang tidak layak jalan belum ditemui, hanya saja ada satu unit yang ditemui lampu dalam kondisi rusak dan itu sudah diperbaiki," ujarnya.

Jika ditemui armada yang ditemui tidak layak jalan, maka petugas terminal akan memberikan sanksi terhadap angkutan tersebut berupa penundaan operasi.

Pemeriksaan terhadap angkutan di Terminal Muara Bungo itu akan dilakukan oleh petugas Dishub selama arus mudik dan arus balik usai libur lebaran nanti.

"Sesuai dengan amanat Dirjen Perhubungan Darat bahwa undang-undang lalulintas terkait angkutan yang tidak memiliki kelayakan jalan untuk menunda operasi armada tersebut hingga pihak bersangkutan memperbaiki kekurangan pada kendaraan," tambah Julianto.

Selain itu, Julianto mengatakan pemeriksaan sertifikat vaksin juga dilakukannya kepada seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan AKAP.

Ia meminta masyarakat yang akan melakukan perjalanan darat menggunakan angkutan umum untuk menyiapkan sertifikat vaksin.

"Kami Satuan Pelayanan Terminal diwajibkan memeriksa seluruh penumpang dengan minimal harus memiliki kelengkapan vaksin kedua," tutupnya. (***)