Lapas Kotaagung Bekerja Sama dengan Petugas Puskesmas Cek Kesehatan WBP


Lapas Kotaagung Bekerja Sama dengan Petugas Puskesmas Cek Kesehatan WBP



Gemabangsa.id, Tanggamus – Petugas Lapas Kelas IIB Kotaagung kedatangan petugas kesehatan Puskesmas untuk mengontrol Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sakit yang berada di sel isolasi.Rabu 22-06-2022

Dua petugas kesehatan bernama Mahmuda dan Hilda yang berasal dari Puskesmas Negara Batin, Tanggamus ini datang bertujuan untuk mengecek kesehatan WBP yang menderita sakit TB Paru-paru bersama petugas Lapas Kotaagung bagian perawatan Narapidana.

Satu WBP dengan indikasi memiliki penyakit TB Paru-paru ini dari awal sudah ditempatkan di sel isolasi agar WBP lainnya yang sehat tidak tertular.

WBP tersebut kemudian dikeluarkan dari selnya menuju pekarangan blok hunian untuk dilakukan jemur badan di bawah sinar matahari terlebih dahulu dikawal petugas kesehatan puskesmas dan Lapas Kotaagung.

Penjemuran ini dilakukan bertujuan agar diharapkan imun tubuh WBP tersebut dapat meningkat sehingga mempercepat proses penyembuhan. Setelah itu, petugas puskesmas melakukan pemeriksaan berupa tanya-jawab dengan WBP tersebut mengenai perkembangan kondisi kesehatannya.

Adapun dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas puskesmas memberikan rekomendasi kepada WBP mengenai apa yang harus dilakukan agar dapat sembuh dan juga memberikan obat-obatan khusus yang mereka bawa.

Petugas puskesmas pun berpesan kepada petugas kesehatan dan dokter Lapas Kotaagung agar terus melakukan pengawasan memastikan obat yang diberikan dapat diminum secara teratur oleh WBP tersebut tepat pada waktunya dan selalu berkoordinasi terkait perkembangan kesehatan WBP tersebut. 

"Setiap warga binaan berhak mendapatkan perawatan terutama masalah kesehatan. Maka dari itu, apa pun gejala penyakit yang dialami oleh warga binaan, Kami akan berusaha semaksimal mungkin seperti bekerja sama dengan pihak luar untuk merawat dan mengontrol warga binaan tersebut hingga sehat kembali", pungkas Ka. Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman. (Hasbuna)