Gelar Sosialisasi, Mahasiswa KKU Posko 04 IAK SS Muaro Bungo Di Desa Teluk Kembang Jambu Tebo


Gelar Sosialisasi, Mahasiswa KKU Posko 04 IAK SS Muaro Bungo Di Desa Teluk Kembang Jambu Tebo



Gemabangsa.id, Bungo - Bentuk nyata dari tridarma perguruan tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa Institut administrasi dan kesehatan setih Setio Muara Bungo.

Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa didapatkan pada saat akhir semester yaitu mata kuliah KKU(Kuliah Kerja Usaha) yg merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa IAK SS muara bungo.

Kali ini kegiatan KKU telah dilaksanakan yang mana para mahasiswa ditempatkan di 3 kabupaten yakni Bungo, Merangin dan Tebo. Salah satu posko yaitu posko 04 ditempatkan di desa Teluk Kembang Jambu, Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo. 

Tentu sebelum diberangkatkan para mahasiswa sudah menyiapkan berbagai program kerja yg termuat dalam dokumen dan dilaksanakan kurun waktu 45 hari kerja dgn kesepakatan dan penyesuaian pemahaman bersama pemerintahan desa. 

Yang mana Salah satu proker unggulan posko 04 dusun teluk kembang jambu dibawah pembimbing lapangan Bapak Fajar Ifan Dolly, S.Sos., M. Si, ini adalah kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat khususnya pada pemuda/i. 

"Beberapa proker tersebut Salah satunya adalah pemberdayaan dan sosialisasi mengenai pentingnya ketertiban umum, keamanan, pemberdayaan kesehatan bagi ibu dan anak. serta pentingnya pemberdayaan bagi pemuda dalam pencegahan penggunaan narkotika," kata dosen pembimbing fajar Ifan dolly.

Pada kesempatan ini pelaksanaan proker oleh posko 4 tentang pencegahan penggunaan narkotika mendapat respon positif baik oleh pemdes maupun masyarakat sekitar. Yang mana sasaran dari sosialisasi ini adalah para peserta berasal dari kalangan remaja yakni siswa/i di SMP Desa Teluk Kembang Jambu. 

"Berdasarkan hasil kegiatan tersebut mahasiswa kerja kuliah usaha kelompok 04 dalam hal ini berhasil dan sukses sehingga kegiatan ini mendapat sambutan yg meriah dari kepala sekolah, guru serta orang tua wali murid," ucap dosen pembimbing.

Kegiatan sosialisasi narkoba ini dipelopori langsung oleh mahasiswa posko 04 dalam rangka melaksanakan proker unggulan yg bekerjasama dgn pihak Polsek Tebo Ulu. Yg mana nara sumber kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh bapak Iptu Fernando Gultom selaku Kapolsek Kec Tebo ulu. 

Berdasarkan hasil sosialisasi yg disampaikan oleh Kapolsek sebagaimana data dan hasil observasi, tingkat pengguna narkoba di kecamatan tebo ulu cukup mengkhawatirkan. Oleh karna itu diperlukan pencegahan awal atau kegiatan preventif guna meminimalisir angka pengguna narkoba. 

"Saya sangat mendukung kegiatan ini dilakukan apalagi dipelopori oleh mahasiswa IAKS SS muara bungo," katanya

Kapolsek juga berharap tidak hanya dilakukan hari ini saja, namun kegiatan ini dapat dilakukan marathon setiap tahun dan ini adalah tanggung jawab dari semua pihak serta seluruh lapisan masyarakat terkait dapat berkontribusi bersama-sama dalam membantu menurunkan angka pengguna narkoba.

"Sehingga pada akhirnya kita semua berperan dalam menyelamatkan para penerus generasi bangsa," tutup Kapolsek. (Ldy)