Dewi Menghadiri Sekaligus Membuka Bimbingan TeknisTata Kelola Air, di Balai Pekon Sedayu


Dewi Menghadiri Sekaligus Membuka Bimbingan TeknisTata Kelola Air, di Balai Pekon Sedayu



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE Menghadiri Sekaligus Membuka Bimbingan Teknis Tata Kelola Air. Di Balai Pekon Sedayu Kecamatan Semaka. Kamis (1/12/2022).

Kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air tersebut di selenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  (BPTP) Lampung.

Hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Tanggamus  Heri Agus Setiawan, Kepala BPTP Lampung yang di wakili oleh Kasubag TU Arfi Irawati, Kepala Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewanto, Kepala Bank Lampung KCP Kotaagung Feryansyah Kaizar, Camat Semaka Wiwin Triani, Uspika Kecamatan Semaka, Korluh BPP Kecamatan Semaka, Kepala Pekon Sedayu Sadi Fredianto dan Para Peserta Bimtek Tata Kelola Air.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dalam sambutan nya, Dengan ada nya kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air kita di harapkan agar bisa memaksimalkan lahan yang ada dan terbatas dengan hasil yang betul betul maksimal berkali kali lipat dengan tata kelola air yang lebih baik dan ini yang harus kita terapkan.

Kegiatan ini adalah kegiatan yang harus kita sukuri karna petani petani kita di kabupaten tanggamus khusus nya yang ada di wilayah semaka dan sekitar nya ini mendapatkan kesempatan menambah wawasan dan pelatihan dalam acara Bimbingan Teknis Tata Kelola Air hari ini.

Harapan Bupati, Kegiatan ini tidak cukup sampai di sini saja, ilmu yang kita dapat hari ini bisa kita tularkan juga kepada kawan kawan kita para petani atau KWT yang lain nya, Sehingga ilmu ini akan bisa memberikan mampaat juga untuk masyarakat kita insa allah pertanian di kabupaten tanggamus kita ini akan lebih dan maju lagi.

Lanjut bupati, Dalam kegiatan ini kita juga telah mendapatkan beberapa bantuan yang di berikan oleh Anggota DPR RI Bapak Sudin yaitu program P2R yang di berikan kepada beberapa KWT dan bantuan pupuk organik dan juga kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi persiyer kepada beberapa Poktan dan hari ini juga ada bantuan beni padi 2000 kilo gram di kecamatan semaka dan wonosobo kabupaten tanggamus, serta juga dari pemerintah provinsi lampung juga memberikan bantuan benih padi varietas inpari 47 dan 48.

Kabupaten tanggamus pada tahun 2022 saat ini mendapatkan kesempatan masup dalam 12 Nominator Inovatif Govermant Award (IGA) dan salah satu yang kita angkat adalah pemampaat limbah yaitu dari buah buah dan sayur sayuran ini dapat di sanitasi sehingga dapat menjadi ekoenzim yang bermampaat menyuburkan tanah dan menjadi pupuk organik buat para petani kita," tutup Bupati.

Kepala BPTP Lampung yang di wakili oleh Kasubag TU Arfi Irawati saat di wawancara menyampikan, Kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air ini kita laksanakan di tahun ini di ahir tahun di tiga kabupaten di provinsi lampung yaitu kegiatan pertama kita laksakan di kabupaten pesawaran, kabupaten lampung selatan dan yang terahir di kabupaten tanggamus.

Tujuan dari Bimbingan Teknis Tata Kelola Air ini adalah memaksimalkan potensi air yang di wilayah terutama di kecamatan semaka khusus nya di kabupaten tanggamus dan kabupaten lain nya sehingga air yang ada di setiap wilayah itu bisa di maksimalkan dengan baik terutama se kali untuk yang pengelolaan air nya diarahkan ke lahan sawah untuk padi. (Hasbuna )