Bupati Tanggamus Jadi Irup Peringatan HUT Tanggamus Yang Ke-26

 


Bupati Tanggamus Jadi Irup Peringatan HUT Tanggamus Yang Ke-26



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke 26 Kabupaten Tanggamus dan Ziarah ke Taman Makan Pahlawan. 

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Selasa (21/03/23).

Dalam amanatnya, Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan agar peringatan hari bersejarah tersebut menjadi momentum Evaluasi dan Instropeksi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus, khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera.

Kabupaten Tanggamus yang saat ini menjadi Kabupaten yang kerap dijuluki Tangga Menuju Sukses, Tanggamus Menuju Surga, dan Tanggamus Memang KEREN.

"Sebagai masyarakat Tanggamus kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi," kata Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani.


Kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten Tanggamus ia mengungkapkan terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus menjadikan tema Peringatan HUT ini, yaitu “Tanggamus Keren”.

"Dengan segala keterbatasan akibat dampak Pandemi, kita masih bisa terus bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kabupaten dan warga masyarakat kita tercinta, sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan ,dan mendahulukan kepentingan rakyat," ucapnya.

Beberapa indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tanggamus, Tahun 2022 di angka 67,22 meningkat dari tahun 2021 yang sebesar 66,65. dengan sinergisitas berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang dilaksanakan dengan kolaboratif seperti Program semua Bisa Sekolah atau SBS, Program Sekolah Ceria, Program Anak Sekolah Ingin Kuliah (ASIK), dan lain-lain diharapkan mampu mendorong pencapaian target IPM sebesar 68,37.


"Angka Kemiskinan Tanggamus tahun 2022 berhasi lturun di angka 10,98%, dibanding Tahun 2021 sebesar 11,81%. Diharapkan di tahun 2023 ini angka kemiskinan dapat turun menjadi 1 digit sekitar 9,54%," sampainya lagi.

Lanjutnya, Ini akan kita kolaborasikan dengan upaya pengentasan 3 pekon tertinggal, 220 pekon berkembang, sehingga pekon maju akan bertambah dari 76 pekon maju saat ini.

Diharapkannya, tahun ini akan meningkat menjadi 5 %, yaitu dengan penguatan ekonomi terutama sektor UMKM dan sektor informal lainnya, sehingga mendorong daya beli masyarakat termasuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 86,43 dari 70,93.

Disisi lain ia menerangkan, ada Bidang Kesehatan, kita telah melaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan berupa 2 unit baru Puskesmas yaitu Puskesmas Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu dan Puskesmas Martanda Kecamatan Pematang Sawa. Saat ini sedang dalam proses izin operasional. Sehingga nantinya akan ada 26 Puskemas seKabupaten Tanggamus.


Pembangunan & Rehabilitasi RSUDBM Tahun 2022 Pembangunan Poli Mata dan THT, serta IPAL, Rehab Gedung Rawat Inap klas I, Penyakit Dalam 1 dan 2, Rehab dan Perluasan Instalasi Laboratorium, Instalasi Radiologi, Rehabilitasi Narkoba dan Gedung O.K. Central.

Program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati juga telah kita laksanakan dan sebagian besar membawa hasil dan dampak yang cukup baik, serta beberapa prestasi dan penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Tanggamus.

"Banyak lagi penghargaan serta prestasi lainnya, baik prestasi individu atau prestasi daerah. Keberhasilan dan prestasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, OPD, PNS, TNI dan Polri," tambahnya.


Usai Upacara Peringatan HUT Ke 26 Kabupaten Tanggamus dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makan Pahlawan Pekon Simpang Kecamatan Kota Agung Timur. Kegiatan Upacara Ziarah Dipimpin oleh Letkol INF Vicky Heru Harsanto S.I.P.,M.Si (Dandim 0424/Tanggamus), 

Usai Upacara ziarah acara dilanjutkan dengan kegiatan Doa bersama di rumah dinas Bupati Tanggamus, kegiatan berjalan dalam keadaan tertib dan aman. (ADV)