Curhat Ke Kapolres Bungo, Ini Permasalahan Yang Disampaikan Warga Kelurahan Manggis

 


Curhat Ke Kapolres Bungo, Ini Permasalahan Yang Disampaikan Warga Kelurahan Manggis



Gemabangsa.id, Bungo - Bertempat di Pak De Raul (Cafee Pecel Lele), Kelurahan Manggis, Kecamatan Bathin III, Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram menggelar duduk santai bersama warga setelah usainya Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan program Jumat Curhat, sebagai program Kapolri sebagai bentuk kepedulian kepolisian dalam membangun komunikasi dan kedekatan dengan warga.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram mendorong warga masyarakat Kelurahan Manggis yang hadir menyampaikan masalah dan keluhan yang ada dilingkungan nya.

“Program Jumat Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan kemitraan Polres Bungo dan Polsek Jajaran dengan masyarakat, dimana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian," kata Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram, Jumat (28/04/23).

Ia menyampaikan, kritikan dan saran serta yang diberikan oleh Masyarakat, karena hal tersebut sebagai bahan evaluasi dalam rangka membenahi atau memperbaiki kualitas pelayanan.

“Intinya kami sangat membutuhkan saran, kritik, dan informasi masyarakat. Hal ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan,” ujarnya.

Kapolres menyebutkan, disebagian wilayah Bungo memang sangat banyak masukan dan kritikan dari laporan masyarakat. Untuk itu dengan Jumat Curhat kali ini bisa bersama-sama memecahkan permasalahan diantaranya permasalahan Kamtibmas dan setiap masukkan akan kami tindak lanjuti.

"Semoga dengan adanya pertemuan kali ini, kita bisa memecahkan permasalahan yang ada dan segera kami tindaklanjuti," tuturnya.

Pada pertemuan tersebut, Ketua RW Dusun Manggis, Rosidi menyampaikan Curhatnya berkaitan terkait permasalahan Narkoba yang dilakukan oleh warganya, untuk diinformasikan terlebih dahulu kepada aparat pemerintah kelurahan, sebelum dilakukan penangkapan oleh pihak kepolisian.

“Tolong Pak apabila ada warga kami terindikasi terlibat narkoba agar memberitahu atau menginfokan kepada kami perangkat dusun agar dapat dibina terlebih dahulu sebelum dilakukan penangkapan terhadap warga tersebut," ucap Rosidi.

Sementara itu, warga yang lain juga menyampaikan kepada Pihak Kepolisian, terkait bagaimana cara melaporkan jika ada salah satu warganya terlibat Narkoba. Dan, bagaimana pula bisa mengetahui jika pelaku itu pengguna atau pengedar narkoba.

“Bagaimana cara kami melaporkan jika ada salah seorang warga terlibat narkoba, dan bagaimana megetahui pengguna dan pengedar narkoba," kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Pertanyaan juga dilontarkan oleh Ketua RT 03, Kelurahan Manggis terkait kewenangan perangkat RW dan RT dalam menyelesaikan pelanggaran yang terjadi dilingkungannya dengan secara adat dan hukum yang ada di kelurahannya.

“Apakah ada kewenangan  perangkat Rw dan RT untuk menyelesaikan pelanggaran yang terjadi dilingkungan kami baik secara adat maupun secara hukum didusun seperti yang dilakukan oleh kepolisian berupa Restoratif Justice," terangnya.

Dari curhatan warga tersebut, Kapolres Bungo menjawab seluruh pertanyaan warga tersebut dan berjanji akan menindak lanjuti semua keluhan warga dan apabila berkaitan dengan instansi samping untuk penyelesaiannya akan dikoordinaksikan.

“Kami akan menindak lanjuti keluhan bapak semua, Jika ada hal yang mengganggu kamtibmas dan jika berkaitan dengan instansi samping untuk penyelesaiannya akan kami koordinasikan agar keluhan dapat kami atasi. Dan jika di lingkungan Bapak/Ibu ada permasalahan silakan laporkan ke kami dengan mengirimkan foto ataupun video ke nomor whatsapp 0853-6055-5222, nanti akan kami tindak lanjuti," terangnya.

Dalam kesempatan jumat curhat kali ini, dihadiri langsung Kapolres Bungo yang didampingi Lurah Bathin III Bungo Bapak Lasdasatria beserta perangkatnya, Ketua BPD Dusun Manggis, Kasat Binmas AKP Budi Santoso, Kasat Narkoba AKP Renovasi Hia, S.I.K., M.H, Kasi Humas AKP M.Nur dan Bhabinkamtibmas, Babinsa serta dihadiri para warga masyarakat dan awak media dengan tujuan sebagai solusi dalam penyelesaian dan pencegahan gangguan Kamtibmas dan masalah lain yang di hadapi warga. (Yan)