Warga Komplek Perumahan Al-Kautsar Keluhkan Kandang Sapi Ditengah Kota, Aroma Tak Sedap Bertebaran

 


Warga Komplek Perumahan Al-Kautsar Keluhkan Kandang Sapi Ditengah Kota, Aroma Tak Sedap Bertebaran



Gemabangsa.id, Bungo - Warga Kelurahan Cadika, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo mengeluhkan adanya Kandang Sapi yang berada di samping Kompleks Perumahan Al-Kautsar.

Sehingga, dari aroma yang muncul dari kandang sapi tersebut, puluhan warga Kompleks Perumahan Al-Kautsar bersama developer, Ketua RT/RW dan warga sekitar, menggelar rapat mediasi terkait kandang sapi yang meresahkan warga tersebut, yang meminta agar kandang tersebut dipindahkan dari lokasi saat ini.

"Dari keluhan warga sekitar, yang diakibatkan aroma tak sedap yang keluar dari kandang sapi tersebut, kami hari ini melakukan mediasi untuk mencari solusi terhadap kandang sapi yang dikeluhkan warga saat ini," kata Muhammad Rajib, Sabtu (03/06/23).

Dikatakan Rajib, warga sudah menyampaikan surat ke instansi terkait termasuk Polres Bungo, terkait kandang sapi yang dipersoalkan warga. Namun belum ada tindakan, sehingga hari ini kembali dilakukan mediasi antar warga dengan pemilik kandang sapi.

"Surat mediasi sudah kami layangkan ke Instansi terkait dan Polres Bungo, namun belum ada tindakan. Sehingga, hari ini kami mediasi lagi dengan langsung bersama pemilik kandang," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Syafii pemilik kandang sapi menyebutkan, bahwa lahan yang buatnya untuk kandang sapi, sudah berjalan berkisar 3 tahun silam.

Dikatakannya, bahkan sapi yang dipeliharanya saat ini bukanlah semuanya milik dirinya, namun ada beberapa orang yang bekerja sama dengannya.

"Saya hanya pemilik kandang, kandang ini hanya untuk penampungan sementara yang akan dijual untuk kebutuhan Sapi Qurban," tutur Syafii, pemilik kandang sapi.

Ia juga menyampaikan, jika dirinya akan segera memindahkan kandang sapi miliknya, agar tidak ada lagi bau yang dipersoalkan oleh warga. Namun, dirinya meminta waktu dalam pemindahan tersebut.

"Saya akan pindahkan kandang sapi ini ke tempat lain, saya berharap warga memberikan waktu paling lama 3 bulan," ucapnya.

Mediasi antar warga dengan pemilik kandang sapi yang dipimpin Daruqotni Ketua RW setempat akhirnya disepakati dengan memberikan kesempatan kepada pemilik kandang selama 1,5 bulan dan paling lama 3 bulan kandang sudah kosong dan dipindahkan kelokasi yang baru.

Mediasi antar warga komplek perumahan Al-Kautsar dengan pemilik kandang sapi berakhir penanda tanganan berita acara kesepakatan bersama. (Yan)