Aksi Heroik Serma Rudi, Evakuasi Lansia Korban Terdampak Banjir

 


Aksi Heroik Serma Rudi, Evakuasi Lansia Korban Terdampak Banjir



Gemabangsa.id, Bungo - Aksi heroik Serma Rudi, personil TNI Kodim 0416 Bute saat evakuasi korban banjir yang berada di Kelurahan Sungai Pinang, Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo, Jambi.

Dirinya terjun langsung melawan derasnya air yang menggenangi permukiman warga, saat melihat seorang lansia yang terjebak banjir, dan langsung mengevakuasi korban ke tempat yang jauh lebih aman.

Kawasan tersebut masih tergenang banjir bahkan meluas, hingga masuk kedalam rumah warga, dengan ketinggian air mencapai 70 centimeter hingga 1,5 meter. Ratusan warga yang sebelumnya bertahan untuk tetap tinggal di rumah, terpaksa menyerah setelah banjir mulai masuk ke pemukiman.

Serma Rudi menyebutkan, hal tersebut dilakukannya saat melihat kondisi wilayah binaannya yang semakin mencekam karena musibah banjir. Sehingga, dirinya langsung turun kelokasi untuk melakukan penyelamatan terhadap warga yang terjebak banjir.

"Saat itu saya melihat banjir semakin meningkat, saya langsung melakukan pengecekan dan penyelamatan terhadap warga yang masih terjebak banjir," ujar Serma Rudi, Bhabinsa Kodim 0416-Bute, Jumat (22/12/23).

Dikatakannya, banjir yang melanda diwilayahnya terjadi sejak pagi jumat (22/12/2022), yang disebabkan meluapnya sungai Batang Bungo karena intensitas hujan yang tinggi, dengan ketinggian air rata-rata mencapai 30 centimeter hingga 1 meter.

"Banjir ini terjadi sejak pagi tadi, karena luapan sungai Batang Bungo. Untuk ketinggian air mencapai 70 centimeter hingga 1,5 meter," katanya.

Saat ini jelasnya, selain melakukan penyelematan terhadap warga, dirinya bersama petugas lainnya juga melakukan evakuasi barang-barang berharga milik warga untuk dibawa ke tempat yang aman.

"Setelah dilakukan evakuasi, para korban dan barang-barang yang bisa diselamatkan diungsikan sementara ke tempat yang jauh lebih aman," jelasnya. (Red)