Lokasi PETI Didekat Bandara Bungo di Gerebek Petugas, Puluhan Set Mesin Dompeng Di Bakar

 


Lokasi PETI Didekat Bandara Bungo di Gerebek Petugas, Puluhan Set Mesin Dompeng Di Bakar



Gemabangsa.id, Bungo - Tim Gabungan TNI-Polri menggerebek lokas penambangan emas tanpa izin (PETI) yang beroperasi sangat dekat dengan Bandar Udara Muaro Bungo, tepatnya diwilayah Dusun Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo Jambi, Kamis (28/03/24).

Penggerebekan tersebut dilakukan petugas, karena banyaknya laporan masyarakat atas maraknya aktivitas penambangan emas tanpa izin, yang beroperasi bebas diwilayah tersebut.

Razia kali ini dilakukan, berkaitan dengan adanya kunjungan Orang nomor di Indonesia, yanh akan mengunjungi Kabupaten Bungo, dan beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Dandim 0416-Bute Letkol Inf Arief Widyanto menyebutkan, semua mesin dompeng yang ada di seputaran Bandara Muara Bungo akan diupayakan diangkat dan diamankan. Namun, jika tidak memungkin semuanya untuk diangkat, makan akan dihanguskan.

"Pada razia kali ini, kita membasmi habis seluruh alat PETI, kita lakukan adalah mengangkat dan mengamankan aset-aset ini, sehingga kita bisa menyaring siapa saja pelaku-pelaku PETI yang selama ini bermain, khusunya di sekitar wilayah bandara Bungo," ujar Dandim 0416 Bute, Letkol Inf Arief Widyanto.

Ia menegaskan, pada razia PETI yang digelar ini tidak ada kaitannya dengan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Bungo pekan depan.

"Sebenarnya ini tidak ada kaitannya, karena memang untuk kegiatan PETI ini merupakan kegiatan ilegal, terutama sekitar wilayah Bandar Udara yang merupakan wilayah objek vital," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan mengatakan jika pihaknya sudah memberi imbauan kepada pelaku PETI untuk tidak lagi beraktivitas di wilayah Bandara Muara Bungo.

"Karena sebenarnya wilayah PETI ini mendekati objek vital kita satu-satunya di Kabupaten Bungo, kebanggaan kita bersama, bandara. Karena bandara ini sangat vital untuk alat transportasi. Sementara di sekitar bandara ini banyak kegiatan penambangan tanpa izin," terangnya.

"Intinya ini (PETI) dilarang. Kami akan melakukan upaya terus menerus, edukasi dan terakhir adalah penindakan terkait PETI ini," timpalnya.

Sekedar diketahui, Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan turun di Bandara Muara Bungo pada Selasa (2/4/2024) mendatang. Agenda kunjungan Presiden Jokowi, selain di Bungo juga ada kunjungan ke beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. (*)