52 Guru Muarojambi Ikuti Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah


52 Guru Muarojambi Ikuti Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah

Gemabangsa.id, Muarojambi -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muarojambi menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Calon Kepala Sekolah TK, SD, dan SMP.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan bekerjasama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi selaku lembaga penyelenggara Diklat dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS) Solo, Provinsi Jawa Tengah. Rencananya Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah ini berlangsung selama enam hari dengan model luar jaringan (luring) yang dimulai 4 Oktober hingga 9 Oktober 2021 di Hotel Ratu, Kota Jambi.

Kepala Dinas Dikbud Muarojambi, H Erwanisah mengatakan,  tujuan dari diklat calon kepala sekolah ini untuk menyiapkan calon kepala sekolah yang handal. Mengapa? Karena di tangan kepala sekolah yang handal, sekolah akan bergerak maju dan semakin berprestasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali keterampilan peserta diklat calon kepala sekolah, terkait aktifitas pembelajaran pendidikan calon kepala sekolah,” katanya usai membuka diklat, Senin (4/10/2021)

Erwanisah menjelaskan peserta pendidikan dan pelatihan ini adalah calon kepala sekolah yang telah dinyatakan lulus substansi calon kepala sekolah sejumlah 112 orang mulai dari tingkat PAUD hingga SMP.

“Saat ini ada  52 bakal calon kepala sekolah. Olehnya itu, melalui diklat ini diberikan ilmu dan gambaran untuk bagaimana nanti mengelola menjadi nahkoda di satuan pendidikan yang akan ditempati,” katanya.

Sementara itu ketua panitia diklat bakal calon kepala sekolah, Sudirman mengatakan, kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam pelaksanaannya dibagi tiga kelas. Yang masing-masing berjumlah 18, 17, dan 17 peserta. Tiap kelas dibimbing satu pengajar dan diawasi supervisor dari LP2KSPS.

"Tahun ini dimandatkan dari LPMP Riau, Roberto Leonardo. Sehingga semua peserta harus disiplin dan mengikuti sampai tuntas," kata Kabid SD.(bos)