Gelar Shalat Idul Adha Bersama Masyarakat, Bupati Tanggamus Bagikan Hewan Kurban

 


Gelar Shalat Idul Adha Bersama Masyarakat, Bupati Tanggamus Bagikan Hewan Kurban



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H / 2023 M, bertempat di lapangan merdeka kelurahan Kuripan kecamatan kota agung, Kamis pagi, (29/06/22).

Pada sholat Idul Adha kali ini, juga dihadiri wakil bupati Tanggamus am.syafi'i, Forkopimda kabupaten tanggamus, Bupati purna bakti Bambang Kurniawan, para kepala OPD kabupaten tanggamus, camat kota agung Erlan Deni Saputra, masyarakat sekitar kabupaten Tanggamus, ustadz Wandi selaku imam dan H. Ahmad Khoiri selaku Khotib 

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia, karena Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail telah meletakkan dasar-dasar keteladanan yang fundamental hingga kini masih bisa kita laksanakan yakni, pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan gurban. 

"Kegiatan inilah yang menjadi tuntunan kaum muslimin-muslimat sampai saat ini di seluruh dunia, menunaikan rukun Islam ke-5 (lima) yaitu Ibadah Haji bagi yang mampu. Dan pada hari ini saya berdiri disini, juga merupakan tahun ke-5 pengabdian saya Sebagai Kepala Daerah Kabupaten Tanggamus," ujar Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani.


Untuk itu katanya, secara tulus dirinya menyampaikan Apresiasi dan terimakasih setinggi-tinggi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, Aparatur pemerintahan (Kabupaten, Kecamatan sampai Pekon), TNI/Polri, Lembaga dan Instansi Vertikal, Lembaga Swadaya Masyarakat, Para Guru/Akademisi/Tenaga Medis/Petani/Nelayan/Buruh sampai pedagang pasar, Ibu-ibu Majelis Taklim dan Pengajian, Tokoh olahraga, Insan Pers dan lain-lainnya, yang mohon maaf tidak dapat saya sebut satu persatu, yang selama ini terus mendukung serta menjaga situasi yang aman dan kondusif, dan bersama-sama kita membangun, bersinergi, berkolaborasi melaksanakan pembangunan baik pembangunan fisik, pembangunan mental dan spiritual. 

Kesemuanya itu lanjutnya, bermuaranya adalah demi peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dan peningkatan sumberdaya manusia di Kabupaten Tanggamus. 

Capaian-capaian, prestasi dan keberhasilan yang kita peroleh sudah sangat banyak, diantaranya seperti: 

Juara Umum MTO@, 6 kali berturut-turut Tingkat Provinsi Lampung. 

Meraih Posisi 4 Besar dari 15 Kabupaten/Kota pada Pekan Olahraga Provinsi Lampung IX Tahun 2022 dengan total 74 Medali Emas. Ini merupakan loncatan prestasi olahraga terbaik Kabupaten Tanggamus. 

"Kita pernah masuk 10 besar Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah di Tahun 2022," ucapnya.

Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya, penanganan Stunting terbaik ke-2 seProvinsi Lampung, penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI, Penghargaan Kabupaten TER-INOVATIF dari Kemendagri. 

Selanjutnya, meraih Penghargaan Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LHK, meraih predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman. 

Penghargaan sebagai Kabupaten Penyelenggara Pilkakon serentak dengan jumlah Pekon terbanyak yaitu 220 Pekon di tahun 2020. 

Pada Program Pemberantasan Buta Aksara Algur'an, setiap tahun melaksanakan Gebyar TPA, MTA Tingkat SD/SMP, Gebyar Anak Sholeh, MTA KORPRI, Gebyar TP@, dan lain-lain. 


Setiap Tahun memberikan Insentif dan bantuan operasional bagi Guru Ngaji (302 orang), Majelis Taklim (1800 Kelompok), Marbot (1000 orang), Penceramah (302 orang), dan P3N (35 orang). 

"Setiap tahun melaksanakan Pemberian Beasiswa Pendidikan, dan melaksanakan kegiatan peningkatan Wisata Religi untuk Semua Agama dan juga Umroh," jelasnya.

"Setiap tahun memberikan bantuan renovasi dan pembangunan Tempat Ibadah, Pondok Pesantren, TPA, dan lain-lain. Pada setiap Safari Ramadhan diberikan kepada 20 Masjid dan 60 Musholla," lanjutnya.

Serta tambahnya lagi, merealisasikan Program Ambulans Pekon, 298 Ambulans Pekon dari 299 Pekon, merealisasikan Pembangunan 26 Puskesmas di 20 Kecamatan seKabupaten Tanggamus, terdiri dari 18 Puskesmas Rawat Inap dan 8 Puskesmas Non Rawat Inap. 

"Namun demikian, PR-PR dan tugas-tugas pembangunan kedepan juga masih ada, dan itu semua harus terus kita lanjutkan bersama-sama," terangnya.

Dengan segala hambatan dan keterbatasan yang ada, terlebih pandemi Covid-19 yang melanda selama lebih kurang 3 tahun, namun secara perlahan dan secara pasti bisa kita lewati, akhirnya dengan segala kerja keras, kerja bersama dan kerja ikhlas, maka sampai hari ini kita bersyukur kepada Allah SWT., segala pembangunan tetap terlaksana dengan baik dan lancar, kita masih diberi kesehatan, tetap melaksanakan tugas dan pengabdian sesuai dengan fungsi dan kemampuan yang kita miliki. 

"Untuk itu, Secara pribadi mohon doa dan dukungan dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, semoga Saya dan kita semua tetap diberi kesehatan dan kesempatan oleh Allah SWT., untuk dapat terus berbuat dan bekerja yang terbaik bagi Kabupaten Tanggamus, baik dimasa kini maupun dimasa-masa yang akan datang. Aamiin," tuturnya.

Kita juga bersyukur bahwa Jamaah Haji Kabupaten Tanggamus saat ini telah berada di Tanah Suci. Pada tanggal 19 Mei dan 11 Juni 2023 yang lalu telah diberangkatkan 475 orang calon Jamaah Haji 

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus: Pertama, kembali membangkitkan nilai-nilai esensial Idul @urban yaitu pengorbanan untuk keyakinan dan rasa persaudaraan," ajaknya.

Haji Ahmad Khoiri selaku Khotib menyampaikan pada kesempatan ini juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus untuk membangkitkan nilai-nilai esensial

"Pertama, kembali membangkitkan nilai-nilai esensial Idul kurban yaitu pengorbanan untuk keyakinan dan rasa persaudaraan," tutupnya.

Usai sholat Idul Adha, Bupati melanjutkan penyerahan hewan Qurban sapi kepada masyarakat setempat dan di lanjut ramah tamah di rumah dinas Bupati. (Hasbuna)